browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

BEASISWA BIDIK MISI FAKULTAS PERTANIAN UB (FPUB) 2010

Posted by on April 5, 2010

(Malang, 24 Maret 2010) Berita gembira ditujukan bagi para pelajar SMU/MA/SMK  di wilayah MALANG RAYA tahun lulus 2010 yang menginginkan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi khususnya di PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FPUB.  Khusus untuk tahun 2010 ini Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FPUB) menyediakan 90 kursi mahasiswa yang dapat ditempuh dengan jalur Beasiswa Bidik Misi (Informasi lengkap terlampir) serta menerapkan beberapa ketentuan yang telah menjadi kebijakan FPUB.   Untuk menerapkan kebijakan tersebut  Prof. Ir. Sumeru Ashari, MAgr, PhD (Dekan FPUB) dan Ir. Didik Suprayogo, MSc, PhD (Pembantu Dekan I) menyatakan bahwa FPUB ingin berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Malang Raya yang telah bekerjasama secara penuh sehingga FPUB saat ini telah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang cukup berhasil ditingkat nasional dan internasional.

Kebijakan yang ditetapkan berkaitan dengan program Beasiswa Bidik Misi FPUB adalah sebagai berikut:

  • Khusus tahun 2010, penerima beasiswa bidik misi FPUB diutamakan kepada calon mahasiswa dari wilayah MALANG RAYA (Kabupaten Malang, Kota batu dan Kota Malang).
  • Program beasiswa bidik misi FPUB diutamakan bagi lulusan SMU/MA/SMK Pertanian yang memilih PS Agroekoteknologi.

Sehubungan dengan pengumuman UB yang telah menetapkan hari Sabtu, 27 Maret 2010 sebagai batas terakhir pemasukan Formulir Beasiswa Bidik Misi,   Ir. Didik Suprayogo, MSc, PhD (PD I  FPUB) menyatakan bahwa pendaftaran masih dimungkinkan untuk dimasukkan sampai akhir APRIL (Red. Tanggal 30 hari Jumat).

Implikasi dari kebijakan yang diambil pimpinan FPUB ini memang sangat memberikan keuntungan bagi calon mahasiswa Beasiswa Bidik Misi yang berasal dari Malang Raya.  Hal ini berkenaan dengan persaingan yang relatif mudah bila dibandingkan dengan jurusan lain di UB yang tidak menerapkan batasan wilayah sehingga persaingan tetap dari lulusan yang berminat dari seluruh Indonesia.  Menurut Dekan FPUB, hal ini merupakan upaya CSR FPUB sebagai ucapan terima kasih bagi seluruh warga Malang Raya.

Informasi Resmi Universitas Brawijaya yang terdapat di http://selma.brawijaya.ac.id/news/2010/BIDMI2010.aspx

============================================

Update tanggal: 25 Januari 2010

Pendahuluan

Banyak lulusan jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat) yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga kurang mampu.

Mengacu pada Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementrian Pendidikan Nasional mulai tahun 2010 memberikan beasiswa dan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi yang disebut dengan Beasiswa BIDIK MISI.

Bagi pendaftar Program Beasiswa Bidik Misi yang memilih program studi di Universitas Brawijaya (UB) baik sebagai pilihan pertama dan/atau pilihan kedua harus mengikuti semua persyaratan dan ketentuan, tata cara pendaftaran, jadwal, dan pendaftaran ulang yang ditentukan dalam pengumuman ini.

Persyaratan

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang dijadwalkan lulus pada tahun 2010;
  2. Berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi;
  3. Calon penerima beasiswa mempunyai prestasi akademik/ kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler yang diketahui oleh Kepala Sekolah/ Pimpinan Unit Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kabupaten/Kota. Adapun prestasi akademik/kurikuler yang dimaksud adalah peringkat 25 persen terbaik di kelas, sedangkan prestasi pada kegiatan ko-kurikuler dan/atau ekstrakurikuler minimal peringkat ke-3 di tingkat Kabupaten/Kota dan harus sesuai dengan program studi yang dipilih.
  4. Setiap peserta seleksi hanya dapat memilih 2 (dua) program studi yang ada di universitas Brawijaya, sesuai jurusannya.

Pelaksanaan Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui: http://selma.brawijaya.ac.id
  2. Peserta Beasiswa BIDIK MISI wajib mengisi formulir yang ada di web site dan mencetaknya serta melengkapi berkas pendaftaran dan mengirimkannya secara bersama-sama melalui Kepala Sekolah, kepada Panitia BIDIK MISI Universitas Brawijaya selambat-lambatnya hari Sabtu, 27 Maret 2010 (cap pos).
  3. Tidak dipungut biaya pendaftaran apapun (gratis).

Macam Formulir Isian Dan Kelengkapannya

Kelengkapan yang wajib dipenuhi oleh setiap peserta seleksi harus sesuai dengan data yang dilampirkan, terdiri dari :

  1. Surat pernyataan pendaftaran (dicetak dari web site setelah mengisi formulir).
    1. Fotokopi kartu tanda siswa atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif.
    2. Fotokopi rapor yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah: semester 1 s/d 5 untuk siswa kelas reguler/internasional, dan semester 1 s/d 4 untuk siswa kelas akselerasi, disertai dengan surat keterangan tentang peringkat siswa di kelasnya dan/atau bukti pendukung prestasi lain di bidang kurikuler atau ko-kurikuler yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas.
    3. Fotokopi Kartu Keluarga.
    4. Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi yang tidak memiliki kartu keluarga miskin harus menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa atau Kepala Dusun atau tokoh masyarakat yang dapat dibuktikan kebenarannya.
    5. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan/atau fotokopi bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali.
    6. Berkas yang harus dilengkapi oleh Sekolah/Unit Dikmas:
      1. Surat rekomendasi dari Kepada Sekolah/Pimpinan Unit Dikmas yang menerangkan bahwa pendaftar adalah siswa berprestasi (seperti dijelaskan dalam bagian persyaratan dan ketentuan poin 3) dengan orang tua/wali tidak mampu secara ekonomi.
      2. Daftar nama siswa (berupa tabel yang terdiri dari Nomor Urut, Nomor Pendaftaran, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan distempel cap sekolah) yang mendaftar program beasiswa bidik misi ke UB.

Beasiswa dan Biaya Pendidikan

  1. Pendaftar yang dinyatakan diterima melalui Program Beasiswa Bidik Misi dibebaskan dari segala biaya pendidikan yang berlaku di UB.
  2. Kepada pendaftar yang dinyatakan diterima melalui Program Beasiswa Bidik Misi, Kementerian Pendidikan Nasional akan memberikan Dana Beasiswa dan Biaya Pendidikan sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) per mahasiswa per semester, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Dana Beasiswa (biaya hidup) sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) sampai dengan Rp. 700.000,- (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan, tergantung pada indeks harga kemahalan daerah lokasi perguruan tinggi dimana pendaftar diterima.
  2. Sisa dana dialokasikan kepada perguruan tinggi dimana pendaftar diterima sebagai pengganti biaya pendidikan per semester dari yang bersangkutan.

12 Responses to BEASISWA BIDIK MISI FAKULTAS PERTANIAN UB (FPUB) 2010

  1. herlina

    pak, apakah ada jaminan dari unversitas kalau lulusan dapat diterima kerja?
    dan apakah ada kerjasama dengan suatu perusahaan untuk menampung mahasiswa lulusan ps. agroekoteknologi????
    soalnya saya tertarik, tetapi masih penasaran dengan apa jurusan itu???
    mohon bantuannya, dan terima kasih sebelumnya.

  2. herlina

    pak, mau tanya lagi. tadi katanya mau diberi formulirnya???

  3. herlina

    pak, formulirnya katanya dikasi, tapi kok tidak???
    lalu, kita kirim syarat-syarat pendaftarannya melalui pos atau langsung kesana???

  4. Lailatul

    Selamat Pagi Bapak Medha,

    Maaf pak,saya ingin bertanya, katanya di SMA NEGERI 1 DAMPIT kemarin diberikan formulir pendaftaran? Tetapi waktu saya tanyakan ke pak Djunaedi tidak ada.
    Bagaimana saya bisa mendapatkan formulir pendaftaran itu?
    Terima kasih atas bantuan Bapak.

  5. nasehatguruku

    terima kasih infonya

  6. Medha Baskara

    mohon maaf saya baru membaca pesan mbak lailatul, iya kemaren untuk formulir download atau bisa menggunakan formulir yang sama sebelumnya… semoga anda keterima di jurusan kami

  7. Medha Baskara

    mbak herlina….. saya mohon maaf sekali baru baca pesannya, karena habis tugas luar kota dan tidak ada akses internet. Agroekoteknologi merupakan program studi gabungan dari PS Hortikultura, Pemuliaan Tanaman, Agronomi, Tanah, dan HPT. Kerjasama dengan institusi, kami telah melakukannya untuk institusi di dalam negeri maupun di luar negeri… silahkan kunjungi http://www.fp.ub.ac.id .
    berkaitan pendaftaran bidik misi, sekarang sudah lewat ya…. semoga kemaren anda sudah dapat formulirnya :) …dan Agustus ini sudah menjadi mahasiswa Agroekoteknologi FPUB.
    salam……

  8. Medha Baskara

    Terima kasih kembali…. InsyaAllah beasiswa ini akan digulirkan setiap tahun …semoga bermanfaat bagi anak bangsa yang memang sangat membutuhkan.

  9. pravianti

    assalamualaikum . bapak , kapan pengumuman beasiswa bidik misi fpub disampaikan ? bisa dilihat di webnya ub atau bagaimana ? terimakasih.

  10. Medha Baskara

    Mbak Pravianti…mengenai pengumuman bidik misi, biasanya UB selalu menampilkan pengumuman penerimaan maba di websitenya … silahkan saja di cek terus….di http://www.ub.ac.id , mengenai kisaran waktunya, saya kurang tahu kapan persisnya diumumkan. Tapi saya usahakan untuk mencari tahu informasi tersebut….

  11. Ayu

    Assalamualaikum.
    pak, jika diterima di beasiswa bidik misi dan tidak diambil bagaimana ? teman saya takut sekolahnya akan diblacklist oleh Ub. terimakasih

  12. ANDIK KURNIAWAN

    Pak mtanyan klo beasiswa bidik misi tahun 2012 cara daftarnya gimana mohon diperjelas dan bantuannya????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>